Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dampak Positif dan Negatif Kenaikan BBM Bagi Masyarakat

(Images from Google)

Dampak Positif dan Negatif Kenaikan BBM Bagi Masyarakat - Sudah bukan hal aneh di telinga kita soal kenaikan BBM, banyak sekali pihak-pihak yang menolak kenaikan harga BBM itu. Selain karena harga sembako seperti Gula, Beras, Cengek, Cabe, dsb, harga kebutuhan lain pun ikut naik. Kenaikan BBM ini di anggap memperburuk perekonomian di Indonesia oleh berbagai pihak. Tapi ada juga beberapa pihak yang mendukung soal kenaikan BBM ini, kenapa di dukung? karena setiap tindakan pasti ada baik dan buruk nya bray.

Dampak Positif nya : 
  • Polusi/pencemaran udara dapat berkurang
    ini sudah pasti ya, karena seiring dengan berjalan nya waktu dengan naiknya harga BBM ini Jumlah kendaraan bermotor akan berkurang, maka pencemaran udara akibat dari banyak nya kendaraan bermotor dapat berkurang.
  • Munculnya bahan bakar dan kendaraan alternative
    Dengan naiknya harga BBM ini maka akan munculah inovasi baru dari orang-orang kreatif berupa bahan bakar baru, seperti Bahan Bakar Gas yang sekarang ini sudah di gunakan. dan juga munculnya kendaraan alternative yang ramah lingkungan. 
  • Pembangunan nasional akan lebih cepat di lakukan
    Karena dana APBN yang sebelumnya di gunakan untuk memberikan subsidi BBM, jika harga BBM naik, maka harga subsidi di cabut dan di alihkan untuk pembangunan di seluruh wilayah di Indonesia.
  • APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara)
    Jika harga BBM mengalami kenaikan, maka jumlah pemasukan Negara akan bertambah, maka jumlah subsidi yang di keluarkan oleh pemerintah akan berkurang, dan anggaran pendapatan dan belanja dapat di minimalisir. 
Dampak Negatif yang akan di rasakan secara langsung oleh Rakyat Indonesia akibat dari kenaikan BBM ini, 
  • Naiknya tarif angkutan umum
    ini sudah bisa di pastikan karena angkutan umum berhubungan langsung dengan BBM, selain tarif angkutan umum naik, Angkutan pariwisata seperti tour, tiket masuk objek-objek wisata serta biaya penyewaan mobil tambah mahal. 
  • Biaya transportasi yang menanjak, biaya distribusi barang naik
    tentu harga kebutuhan pokok akan naik pula. Jatah makan 2 porsi dikurangi menjadi 1 porsi, makanan 4 sehat 5 sempurna, dikurangi syukur-syukur menjadi 2 sehat 3 sempurna. Obesitas akan menurun.
  • Hidup semakin berat, jatah makan berkurang
    kalau sudah urusan perut, banyak kehilangan akal sehat, rakyat miskin panik, terdorong untuk menghidupi keluarga tercinta, nekad melakukan pencurian dan perampokan, yang kaya akan was-was, tidur tidak nyaman, pekerjaan lapangan pekerjaan satpam dan polisi bertambah. Si-miskin yang nekat kalau ketahuan digebukin akhirnya mati.
  • Sering cekcok dirumah tangga dan tidak terjadi keharmonisankarena jatah uang makan Ibu rumah tangga tetap sama, sedangkan kebutuhan pokok sudah melambung, anak-anak yang juga butuh perhatian lebih dari orang tua, merasa tidak mendapatkan kasih sayang, sehingga salah pergaulan, mereka adalah generasi penerus bangsa, kalau sudah begini bakal jadi apa.
  • Harga obat melonjaksehingga banyak pasien yang pulang paksa, dan terpaksa berobat ke dukun.
Jika Bahan Bakar Minyak telah naik, maka usaha kita sebagai rakyat biasa adalah dengan meminimalisir atau menghemat bahan bakar. Dan juga batasi jumlah pengeluaran, berhematlah, pergunakanlah uang kita dengan hal-hal yang benar-benar bermanfaat.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Kenaikan Dolar

Sumber : http://nurulauliarahma.blogspot.com/2013/10/dampak-positif-dan-negatif-terhadap.html

9 comments for "Dampak Positif dan Negatif Kenaikan BBM Bagi Masyarakat"

  1. Kenaikan BBM pasti banyak dampak negatifnya :(

    ReplyDelete
  2. yang pasti dampak terbesar nya ke ibu2 yans suka belanja

    ReplyDelete
  3. lebih banyak ke negatif nya yah gan soalnya orang menengah ke bawah yg ke dampak negatif nya banyak

    ReplyDelete
  4. wah , negative nya lebih banyak ya gan

    ReplyDelete
  5. Hmm negatifnya lebih mayoritas tuhh haha.. Cukup merugikan juga :'( Emang bner sih, tpi kan berguna jugaa :)

    ReplyDelete
  6. mendingan naik dari pada subsidi bbm dinikmati jg oleh para org kaya..

    ReplyDelete
  7. rakyat kecil pasti yg terkena imbasnya gan. bbm naik namun hasil pertanian harganya masih tetap. padahal biaya produksi jg ikutan naik. program bantuan tunai pun masih banyak yg salah sasaran ditunggu kulbalnya gan Keutamaan Amalan Sunnah Di Bulan Muharram

    ReplyDelete
  8. Seharusnya pemerintah hrus konsisten terhadap kenaikan harga BBM. Agar tidak mempengaruhi harga pokok yang lainnya.

    ReplyDelete